Catatan Akhir untuk SMAN 2 Cianjur

Pertemuan dan perpisahan itu bukan hal asing yang sering kita alami, tak akan pernah ada perpisahan jika tak ada pertemuan. Banyak cerita yang ingin aku sampaikan hari ini, dari pertemuan yang sekarang akan
bertemu dengan perpisahan.

Kawan, rasanya baru kemarin aku merasa sangat senang mendapat surat yang bertuliskan 'lulus' menjadi siswa SMAN 2 Cianjur, aku rasa kau pun seperti itu.
Banyak muka-muka asing yang aku lihat, dari muka serius, lawak, sampai muka yang tak bisa aku ungkapkan, tapi itulah kita! pada hari pertama MOPD. ketika kita dikumpulkan dilapangan untuk dibagi kedalam 7 kelas.

Waktu berjalan begitu cepat, hingga satu tahun kita lalui bersama, hidup diruang lingkup yang selalu mendidik kita. ya! SMAN 2 Cianjur.
Banyak orang yang mengatakan bahkan mengejek bangunan tua ini, karena mungkin bentuknya yang cukup kuno, tapi kami tak pernah merasa malu bahkan kami mempunyai kebanggaan tersendiri.

Aku masih ingat bagaimana bentuk bangunan itu ketika pertama kali kita masuk. Bentuk gerbangnya, pos satpam, ruang piket, TU, bahkan lapangan yang sangat berbeda dengan sekarang. apa kau juga masih ingat?
Hari demi hari kita lewati bersama. jenuh memang rasanya, tapi kejenuhan itu dapat tertutupi dengan adanya 'kalian'. ya, kalian. teman-teman seperjuanganku. Kita sama-sama melangkah untuk masa depan.

Tahun ke2, aku masih bersama kalian. yang sudah terbagi lagi kedalam 7 kelas yang berbeda, tiga kelas IPS dan empat kelas IPA.
kita sibuk mencari teman lama yang tidak satu kelas lagi dgn kita, padahal kita semua sama, satu dengan yang lainnya berstatuskan 'teman'.
Aku sempat merasa tidak betah dengan kelas baruku. egois memang, namun kini aku sadar, mungkin dulu karena aku merasa belum bisa beradaptasi dengan baik.

Kelas 11. ya, kita sudah naik tingkatan! itu artinya kita sudah mengginjak tahun kedua dalam berjuang, menimba ilmu di SMAN 2 Cianjur. mulai banyak perubahan disini, bentuk bangunan, tata ruang kelas,
serta pribadi kitapun begitu. ada yang lagi serius-seriusnya belajar, ada yang sibuk ngurusin eskulnya, ada juga yang lagi senang-senangnya bermain, kita masih labil saat itu, tapi kita tetap saling menghargai.
apa kau ingat 9 Februari lalu? kita dipersatukan tidak mengenal IPA
maupun IPS. Pangandaran! menjadi saksi bisu kebersamaan kita. jika boleh meminta, aku ingin moment itu terulang kembali. namun aku mengerti, itu hanya bisa kita jadikan kenangan. Tidak sedikit kenangan
yang tlah kita rajut. Dua tahun penuh sudah kita lewati bersama, menggenggam erat tangan dan melangkah lebih maju. kita naik kelas!

kelas 12, itulah status kita sampai detik ini, sangat tidak terasa. Kelas akhir yang harus kita hadapi, ruang tata kelas pun tidak berjauhan antara IPA dan IPS, itu membuat kita semakin mengenal teman
luar kelas. ips1 sampai ips3, ipa1 sampai ipa4. Kelas terakhir kita disini di SMAN 2 Cianjur ini, semakin tidak terlihat perbedaan antara kita. Aku sempat tidak mau berstatus kelas 12, karena artinya waktu semakin
terasa menyempit. aku merasa kurang waktu untuk bersama kalian! Berbagai macam ujianpun harus kita hadapi bersama.
Kawan, kita sudah menginjak tahun ke 3 dalam perjuangan kita. artinya, sebentar lagi kita akan berpisah. iya, perpisahan antara kita semakin mendekat. Andai jarum jam dapat berputar ke arah kiri, mungkin aku
bisa merasakan, lebih merasakan kebersamaan antara kita, tapi sayang
hal itu mustahil terjadi. kehidupan harus mulai kita rancang untuk kedepannya. ini bukan akhir dari segalanya melainkan awal dari kesuksesan kita semua. kami siap hadapi! OZONE, GALAXIIDA, WASIT, ADAN ISA, MONSTER, THE NEWTON, dan GLAMOUR, kami akan bersatu! siap berjuang membentuk kebanggaan untuk SMAN 2 Cianjur.

Kawan, kehidupan kelas akhir memang tidak mudah, tapi ini untuk masa depan kita, untuk mencapai mimpi yang selalu kita angan-angankan. Beberapa waktu kedepan diantara kita mungkin ada yang sudah menjadi dokter, guru, polisi, pilot, reporter, seperti cita-cita yang selalu kita ucapkan dahulu. Bahkan akan ada yang menjadi seorang nahkoda yang pandai menjalankan kapal besarnya. Kita akan sukses! kita janji akan mempersembahkan yang terbaik untuk sekolah kita tercinta ini. aku yakin, aku dan kamu (kita semua) pasti merasa sangat bangga menuliskan SMAN 2 Cianjur dalam riwayat pendidikan kita. aku harap kita semua tetap bersatu, tidak ada yg memendam benci satu sama lain. karena aku takut! aku takut jadi hambatan untuk segalanya! jangan sampai hal itu terjadi. siapapun kita, apapun nama kelas dan jurusan kita tetap ada
pada satu atap yaitu SMAN 2 Cianjur.

ini hanya catatan akhir dariku untuk kalian, untuk kita yang akan melangkah lebih jauh, mencapai kesuksesan. wajah-wajah asing yg dulu aku lihat. kini sudah berubah menjadi wajah-wajah akrab yang akan sukses. Jika nanti kita sudah tua, tolong ingat detik ini! senyum dan haru terlihat ketika mengenang masa-masa dimana kita menggunakan seragam putih abu, batik abu, dan pakaian olahraga biru tua dgn tulisan smanda berwarna putih. kenanglah kawan! aku sayang kalian!
ipa1 (ADAN ISA), ipa2 (MONSTER), ipa3 (THE NEWTON), ipa4 (GLAMOUR),
ips1 (OZONE), ips2 (GALAXIIDA), dan ips3 (WASIT), kita berjanji akan berteriak 'aku lulus dengan nilai sempurna' secara serempak dan memegang erat mengepalkan tangan melangkah menuju sukses! dan mengucapkan Terimakasih, Maaf, dan Selamat tinggal SMAN 2 Cianjur :')
<3

Komentar

Postingan populer dari blog ini